Language Competitipn Festival “Hold the Language, Hold the World.”

LCF (Language Competition Festival) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diadakan oleh Ma’had Al-Jami’ah UIN Satu Tulungagung untuk memperingati hari Bahasa Sedunia. LCF yang diadakan pada tanggal 27-28 April 2024 ini merupakan kegiatan LCF yang kedua. Tema kegiatan LCF 2024 ini adalah “Hold the Language, Hold the World” yang memiliki arti genggam bahasa, genggam dunia. Kegiatan LCF ini bertempat di masjid Baitul Hakim.
Kegiatan LCF ini sangat berlangsung meriah dari awal pembukaan hingga penutupan kegiatan. Beberapa perlombaan yang diadakan dalam kegiatan ini adalah khitobah, story telling, smart language competition, ghina’ aroby, western song dan English short movie. Tujuan daripada perlombaan tersebut adalah guna meningkatkan keterampilan mahasantri dalam penguasaan maharatul lughoh khususnya bahasa Arab dan bahasa Inggris.
. Susunan acara kegiatan ini terdiri dari pembukaan, perlombaan dan penutupan. Pembukaan kegiatan LCF ini dipandu oleh MC yang terdiri atas pembacaan ayat suci al-Qur’an, menyanyikan lagu-lagu, serta sambutan dari ketua panitia LCF 2024. Selanjutnya yaitu kegiatan perlombaan-perlombaan yang bertempat di lantai 1 dan lantai 3 masjid. Puncak kegiatan ini adalah penutupan kegiatan yang dipandu oleh Mc non formal. Rangkaian kegiatan penutupan ini terdiri dari pemberian hadiah, sertifikat, beserta dengan piala kepada para pemenang lomba. Selain itu, para pemenang juara 1 perlombaan ghina’ aroby, khitobah, story telling, western song dan English short movie juga ditampilkan pada kegiatan penutupan kegiatan LCF.