Ziarah Wali 2024

Tulungagung- 08-09 Mei 2024, Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melaksankan kegiatan Ziarah Wali. Ziarah Wali ini merupakan kegiatan tahunan Ma’had al-jami’ah, untuk tahun ini merupakan kegiatan perdana Ma’had al-Jami’ah mengajak seluruh Mahasantri yang kurang lebih sekitar 400 peserta, Murobbi-Murobbiah, serta seluruh Musyrifah Ma’had al-Jami’ah dengan mengendarai 8 Bus Pariwisata. Tujuan Ziarah ini diawali dari yang terdekat yakni Ziarah Wali Jawa Timur.
Adapun Makam-makam yang dikunjungi adalah makam Syekh Ihsan Jampes, Makam Gus Dur ( Jombang), makam Syekh Sulaiman( Mojoagung), makam Syaikhona Kholil Bangkalan ( Madura), makam Syekh Maulana Ishaq( Lamongan), makam Sunan Drajat/ Raden Qosim ( Lamongan), dan tujuan terkahir di makam Asmorokondi (Tuban) .
Ukhty Sindy Septiana Masyta selaku Ketua Pelakasana Ziarah ini mengatakan bahwa Kegiatan Ziarah wali ini merupakan bagian dari akhir pembelajaran bagi Mahasantri persiapan menuju ujian dengan melakukan ziarah ini berdoa kepada Allah SWT agar diberikan nilai yang maksimal.
Dr. KH. Zuhri S. Ag M. Si Selaku Mudir ma’had al-Jami’ah menjelaskan kegiatan Ziarah ini dalam rangka satu sisi mengenalkan kita sesama santri karena dalam menuntut ilmu ada tiga keterbatasan yang pertama intelektualitas, yang kedua ilmu sosial , spiritual Intelektualitas sudah diambil dari kementerian baik dari kita masing-masing, SMP, SMA , kuliah semuanya itu adalah tingkat kualitasnya yang namanya alternatif. yang kedua fungsional untuk mencari ilmu, dapat mengenal sejarah2 para ulama pada zaman dahulu dan kegiatan ini pertama kali Mahasantri yang cukup banyak. Yang ketiga spiritualitas, jadi spiritualitas kita untuk memohon kepada allah, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mengenal jasa-jasa beliau yang menjadikan kitab isa seperti ini. Maka kita ajak ziarah seperti ini, Ayo kita bangun, Siapa lagi kalo bukan kita
Kegiatan ini juga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan Mahasantri tentang ajaran Islam bagi para santri untuk mengenal Sejarah dan bagaimana penyebaran Islam di Jawa Timur. Semoga keluarga besar Ma’had al-Jami’ah UIN sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mendapatkan keberkahan para waliyullah dengan adanya Ziarah wali ini dan Semoga dapat diselenggarakan Kembali pada tahun-tahun berikutnya dengan persiapan yang lebih matang lagi.