Benchmarking Pengelolaan Ma’had al-Jami’ah dan Madrasah Diniyah

Tulungagung, 23 April 2024. Ma’had al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung kedatangan tamu dari IAIN Kudus dalam rangka Benchmarking Pengelolaan Ma’had al-Jami’ah dan Madrasah Diniyah oleh Intstitut Agama Islam Negeri Kudus. Acara ini dihadiri oleh beberapa pimpinan UIN SATU Tulungagung diantaranya Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 3, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Kabiro, Mudir Ma’had, dan Murobbi serta Murabbiyyah Ma’had.
Prof. Dr. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si., Rektor IAIN Kudus, menyampaikan dalam sambutannya bahwa terkait pengelolaan madin dan ma’had pada IAIN Kudus perlu dipersiapkan dalam rangka untuk mematangkan sekaligus menyiapkan segala yang terkait sebelum melakukan kebijakan lain. Sehingga dari sinilah dirasa sangat perlu banyak informasi terkait dengan hal tersebut dengan melalui Benchmarking Pengelolaan Ma’had al-Jami’ah dan Madrasah Diniyah. Beliau bertamu dengan beberapa pimpinan dari IAIN Kudus, diantaranya Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Wakil Direktur Ma’had, Kepala UPB, Kepala SPI, dan Sekretaris Senat.
Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. H. Abd Aziz., S.Ag., M.Pd.I., turut menyampaikan sejarah terkait pengelolaan madin dan ma’had mulai sejak dirintis yakni pada tahun 2016 sampai dengan sekarang. Sejarah tersebut meliputi beberapa hal, yakni mulai dari perencanaan, pengendalian hingga evaluasi. Sehingga tercapailah transformasi yang sangat hebat pada pengelolaan Madin dan Ma’had pada saat ini.