Penutupan Pesantren Kilat Ramadhan 1445H Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Tulungagung – Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah melaksanakan Penutupan Daurah Ta’lim ke XIII Tahun Akademik 2023/2024 pada Rabu, 27 Maret 2024 di Lantai 1 Masjid Baitul Hakim UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara ini dimulai pada pukul empat sore. Selain acara penutupan pesantren kilat, pada sore hari ini juga dilaksanakan buka bersama dengan mahasantri ma’had al-jami’ah UI Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara ini dihadiri oleh Mudir Ma’had al-Jami’ah, Murobbi/ah dan Musyrifah serta Mahasantri Mukim Ma’had Al-Jami’ah Tahun Akademik 2023/2024 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara ini diawali oleh grub sholawat “El-Khuzama II” yang membawakan beberapa lagu sholawat, dilanjutkan dengan pembawa acara, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Syekh Ahmad Abdul Hady Abdul Ghawadz Flifiel, LC, dilanjutkan sambutan oleh Mudir Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dr. K. H Zuhri, S. Ag., M. Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa ada tiga tingkatan yang dimiliki oleh mahasantri: Pertama, intelektual yaitu mahasantri harus bisa menganalisis terkait ilmu. Kedua, emosional yaitu mahasantri mau belajar agama. Ketiga, spiritualitas yaitu mahasantri harus membaca apa saja yang dilihat dan diawali dengan bacaan basmalah. Beliau juga menjelaskan bahwa ada dua renungan, apakah mau menjadi orang pintar atau orang bodoh? Jika ingin menjadi orang pintar maka setidaknya harus mempelajari ilmu agama dan jadilah orang yang senang saat mendengarkan orang mengaji walaupun kita belum pandai mengaji.
Dalam pesantren kilat ini mengaji dua kitab, kitab Fadhoilu syahri Ramadhan dan kitab Uqudullijain. Dalam kitab Fadhoilu syhri ramadhan menjelaskan bahwa keutamaan dan manfaat bulan ramadhan dalam agama islam. Kitab ini terdiri dari berbagai hadits dan ayat Al-Qur’an yang mengungkapkan keistimewaan bulan ramadhan serta anjuran-anjuran yang sebaiknya dilakukan selama bulan suci ramadhan. kita harus menyambut gembira dengan kedatangan bulan suci ramadhan, karna Allah mengharamkan jasad kita dari api neraka. Selanjutnya dalam kitab Uqudullijain menjelaskan tentang kehidupan rumah tangga, dan menjelaskan mengenai hak dan kewajiban suami-istri dalam membina rumah tangga.
Setelah sambutan yang disampaikan oleh Mudir Ma’had selanjutnya Dr. K. H Zuhri, S. Ag., M. Si. Selaku Mudir Ma’had menutup secara resmi kegiatan pesantren kilat tahun 2024. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pengajar dan terakhir ditutup dengan foto bersama.