Ratusan Mahasantri Berbondong-bondong Mengikuti Acara Haflah Ma’had Mukim

Dalam rangka mengakhiri proses pembelajaran ma’had mukim tahun akademik 2023/2024, Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah mengadakan kegiatan Haflatul Wada’ Li Ikhtitami Ad-Durusi pada tanggal 5 Juni 2024 yang bertempat di Auditorium Arif Mustaqiem Lt.6. Tema yang diusung pada haflah kali ini adalah “Meningkatkan Kualitas Diri Sebagai Upaya Menjaga Marwah Muslimah di Era Digital”.
Dalam sambutannya mudir ma’had menyampaikan bahwasannya “Jangan sampai sudah keluar ma’had al-Qur’annya hilang tidak pernah dibaca” selain itu mudir ma’had juga menyampaikan bahwa mahasantri harus tetap memegang erat-erat semua nasehat yang telah diberikan oleh ustadz dan ustadzah
Selain itu Warek 3 selaku perwakilan dari rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung yang berhalangan hadir juga memberikan beberapa nasehat kepada mahasantri dalam sambutannya “saya kira ini merupakan hal yang sangat positif dan perlu kita kembangkan, walaupun beda dengan ma’had Ali yang ada disana. Tapi dengan ma’had al-Jami’ah yang kita kembangkan ini ternyata juga memberikan dampak yang sangat baik. Terutama di dalam pembinaan akhirnya adalah pembinaan mental, spiritual dalam membentuk karakter para mahasiswa ketika nanti sudah keluar menjadi alumni.
Dalam sambutannya warek 3 juga me launching majalah karya pertama mahasantri ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Ramhamatullah Tulungagung. Beliau menyampaikan “mudah-mudahan kedepan menjadi bulletin yang bermanfaat dan bisa dibaca oleh orang lain sehingga bisa menginspirsi dunia sebagaima judulnya “Dati ma’had untuk Peradaban Dunia”.
Salah satu acara inti dalam haflatul wada’ ini adalah prosesi tahtiman oleh mahasantri bi-nadhar 30 juz. Mereka juga diwisuda oleh Prof. Dr. Syamsun Ni’am M.Ag, Dr. KH. Zuhri S.Ag M.Si. beserta ustadz Marzuki dengan diberikan syahadah secara simbolik kepada perwakilan mahasantri khotimat bi-nadri.
Tak kalah menarik, Guest Star Haflatul Wa’da kali ini adalah beliau Ning Uswah Syauqie. Yang merupakan Kepala Madrasah Al-Qur’an PP. Al-Azhar Mojokerto, Direktur Aplus Publishing, Direktur CV Kaihana Mode dan masih banyak lagi profesi-profesi hebat beliau. Sebagaimana tema Haflatul Wada’ kita kali ini, yaitu “Meningkatkan Kualitas Diri Sebagai Upaya Menjaga Marwah Muslimah di Era Digital”, dalam talkshownya yang di moderatori oleh Ty Diana. Beliau menyampaikan bahwa “Bagaimana cara menjaga Marwah kita di media sosial, kita tidak usah muluk-muluk menjadi influencer, selebgram dan lain sebagainya, yang penting kita ini bermanfaat”. Selain itu beliau juga memberikan pesan bahwasannya apa yang kita tulis itu mencerminkan diri kita sendiri.