Khatmil Qur’an & Megengan Bersama Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rhamatullah Tulungagung

Khatmil Qur’an & Megengan Bersama Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rhamatullah Tulungagung

Jum’at, 01 Maret 2024, UPT Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar Khatmil Qur’an dan Megengan Bersama. Kegiatan ini dilaksanakan di Mabna Fatimah Al-Zahra’. Acara ini dihadiri oleh Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dr. KH. Zuhri, M.Si., jajaran murabbi/murabbiyah, musyrifah. Nampak hadir juga beberapa dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah. Yang istimewa hadir dalam kesempatan ini Gus Ahmad Syauqi, salah seorang dosen senior, sekaligus dzurriyah pendiri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Acara dimulai pada kisaran pukul 05.00 WIB. Langsung dibuka oleh Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Suara Al-Qur’an terdengar menenangkan hati setiap yang mendengar.
Kegiatan khatmil ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah swt. yang diberikan. Disamping itu juga diniatkan untuk mendoakan para arwah ahli kubur yang telah mendahului. Selain itu khatmil juga dikhususkan untuk para pendiri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, segenap orang yang telah berjasa dalam membangun dan membesarkannya. Tentu ini tidak berlebihan. Sebab memang setiap kita dianjurkan untuk mengingat jasa orang-orang yang telah berjasa dalam hidup kita. Termasuk para guru, orang tua, dan siapapun yang telah mengukir sejarah dalam hidup kita.
Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Bulan suci yang penuh dengan ampunan. Bulan yang sangat dinantikan kehadirannya oleh semua umat muslim. Tentunya, dengan harapan semoga diberikan kemampuan lahir dan batin sehingga bisa menjalankan puasa dan ibadah di dalamnya dengan lancar.
Acara ini berakhir pada kisaran pukul 08.30 WIB. Sebagai penutup adalah do’a yang secara langsung diimami oleh Gus Ahmad Syauqi. Acara dilanjutkan dengan menyantap hidangan bersama.