*Bencmarking Pengelolaan Layanan Akademik dan Penyelenggaraan Program Ma’had al-Jami’ah oleh Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung*

Kamis, O3 September 2024- Ma’had al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan acara Bencmarking Pengelolaan Layanan Akademik dan penyelenggaraan program Ma’had al-Jami’ah oleh Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon. Ini adalah kegiatan studi banding dari Ma’had al-Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati terhadap Program Ma’had Al Jami’ah UIN SATU.

Penyambutan tamu mulai dari pukul 08.15 pagi oleh Mudir, Dr. Zuhri, S.Ag, M.S.I, Warek 1, Prof. Abad Badruzzaman, Lc. M.A, Murobbi & Murobbiah, dan segenap Musyrifah.

Adapun tamu undangan terdiri dari Mudir Ma’had al-Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan segenap jajaran pengurus nya sejumlah sembilan orang. Perjalanan menuju Gedung Arif Mustaqim terlihat hangat dengan adanya bincang-bincang tentang perjalanan beliau-beliau dari Cirebon. Beliau-beliau sangat antusias ketika melihat berbagai jenis Madin mulai dari kelas BTQ, ULA, WUSTHO, ULYA, Musyawirin, Tilawah dan Tahfidz.

Wakil Rektor 1 dan Pengelola Ma’had mendampingi beliau ke kelas-kelas dan memberikan penjelasan dan juga menjawab pertanyaan yang disampaikan. Salah satu dari tamu undangan bertanya, “Berapa SKS kegiatan madin tersebut dilakukan?” , “kegiatan ini dilakukan 2 SKS setiap hari Senin-Kamis” jawab salah satu pengelola ma’had.

Setelah keliling melihat pembelajaran madin ,kami menuju Aula Gedung Rektorat lantai tiga untuk melakukan kegiatan inti. Acara inti dimulai pada pukul 08.10 WIB dan dipandu oleh Ukhti Elya Sabrina selaku Master of Ceremony. Dengan susunan acara pembukaan, do’a, Sambutan oleh Mudir UIN SATU, Sambutan oleh Mudir UIN SSC, Sambutan Wakil Rektor 1 UIN SATU, Penyerahan Cinderamata dan Sertifikat dari pihak Ma’had UIN SATU kepada UIN SSC juga sebaliknya.

Mudir Ma’had al-Jami’ah UIN SATU mengucapkan rasa terimakasih atas kedatangan beliau-beliau dan mohon maaf atas kekurangan dalam penyambutan yang disampaikan dalam sambutanya. Kemudian Mudir Ma’had al-Jami’ah UIN SSC berkata “Madin sangat luar biasa karena harus bangun Pagi, jam 7 sudah di kampus terkadang juga belum sarapan pagi”, ungkap beliau dalam sambutannya. Beliau merasa senang dan bahagia dapat menjalin silaturrahim dengan Ma’had al-Jami’ah UIN SATU. Beliau juga sedikit bercerita tentang Ma’had al-Jami’ah UIN SSC. Dalam sambutannya beliau berkata“Jika biasanya Pak Kyai dan Bu Nyai pondok itu berdampingan, jika di ma’had al jaami’ah punya pasangan masing-masing.

Wakil Rektor 1 juga menyampaikan sambutan dan menjelaskan program pembelajaran Ma’had al-Jami’ah secara garis besar. Beliau mengungkapkan dalam sambutannya “Sedikit banyak saya tahu persis kegiatan ma’had karena saya pernah menjabat sebagai Wakil Rektor 3”.

“Penggagas pola integritas ma’had adalah UIN Malang, yang mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk mondok, akhirnya banyak PTKIN yang mengadopsi termasuk UIN SATU Tulungagung, namun Ma’had al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung dengan gedung ma’had yang kapasitasnya sekitar 450 an mahasantri, akhirnya pada tahun 2017 pak rektor mengadakan dua model ma’had yaitu mukim dan non mukim” . “Kami bangga kami berhasil mengintegrasikan nilai2 santri dalam dunia perkuliahan , hal ini juga untuk mempermudah mahasiswa ketika melakukan ujian komprehensif” Ujar Warek 3 dalam sambutannya.

Nur Aliya Rahmawati mengungkapkan rasa bangsanya dengan ucapnya pada teman-temannya “satu kata untuk acara ini yaitu SIP” dengan mengangkat dua jempolnya. Kegiatan ini selesai pada pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan menikmati konsumsi. Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat meningkatkan integritas Ma’had al-Jami’ah sebagai ma’had percontohan se-PTKIN.