Peringatan HSN 2023 ” Mahasantri Glory: Reach the Gold for the Top”

Peringati HSN 2023, Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Bangun Semangat Fastabiqul Khoirot Melalui Berbagai Perlombaan

11-12 November 2023

Peringati HSN 2023, Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung bangun semangat fastabiqul khoirot dengan mengikuti rangkaian kegiatan perlombaan Hari Santri Nasional di Ma’had.

Ma’had SATU, Tulungagung – Sebanyak 408 Mahasantri Ma’had UIN SATU Tulungagung mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HSN, mulai dari upacara yang dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2023 di lapangan kampus UIN SATU sampai perlombaan yang diadakan di Ma’had itu sendiri.
Seperti tahun-tahun sebelumnya event perlombaan HSN selalu dinanti-nantikan oleh mahasantri. Setiap tahun konsep perlombaan HSN juga memiliki perubahan, peng-upgrade-an, dan inovasi-kreatifisasi yang terlahir dari buah pemikiran para panitia (musyrifah). Tahun ini perlombaan HSN meliputi Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Cerdas Cermat (CC), dan lomba Malikatu Jamali at-Tholibat (Ratu Cantiknya Mahasantri). Malikatu Jamali at-Tholibat merupakan ajang pemilihan Malika (ratu) yang cantik dari inner beauty dan external beauty, sebagai role model bagi mahasantri yang lain.

Dengan tema Mahasantri Glory: Reach the Gold for the Top, mahasantri diharapkan bisa memenuhi panggilan jihad sebagai santri sebagaimana mestinya, meraih kemenangan dan kejayaan sehingga bisa melahirkan generasi yang berjiwa nasionalis dan agamis sehingga kaum santri bisa mencintai negerinya dan agamanya secara berdampingan dalam hidup, sebagaimana yang telah diajarkan ulama-ulama nusantara terdahulu.
Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat terus memotivasi para mahasantri agar dapat mengembangkan bakat dan minat belajar demi Indonesia yang lebih baik, dan demi kualitas santri yang lebih baik. Ais. Ketua Pelaksana

Rangkaian perlombaan dimulai di hari pertama tanggal 11 November 2023 dengan opening ceremonial, dilanjutkan dengan perlombaan MSQ, MHQ, dan Semi Final Malikatu Jamali at-Tholibat. Kemudian hari kedua adalah perlombaan CC dan malam puncak final Malikatu Jamali at-Tholibat tahun 2023.
Dalam perlombaan HSN, Malikatu Jamali at-Tholibat merupakan salah satu lomba iconic yang akan selalu ada dari tahun ke tahun. Dengan konsep seleksi yang sangat ketat dan tuntutan untuk berkreasi menggunakan kostum dari bahan bekas, membuat semua mahasantri selalu antusias. Mereka berlomba-lomba menjadi best supporter dan best costum, yang merupakan suatu kebanggaan dari setiap lantai/ribath.
Selain itu pada malam puncak ada agenda launching grup Hadroh El-Khuzama 2, yang merupakan output dari ekstrakurikuler sholawat di Ma’had.

Ketua Musyrifah, Sindy mengatakan bahwa kegiatan peringatan HSN di Ma’had sangat bermanfaat pastinya. Soalnya kita bisa tau bakat-bakatnya mahasantri dari perlombaan perlombaan seperti ini.
Kemudian pemenang juara 1 Malikatu Jamali at-Tholibat 2023, Khusniatun Nadia mengatakan,
“Alhamdulillah, menurut saya acara HSN kemarin berjalan dengan sukses dan meriah, semua audience (mahasantri Ma’had al-Jami’ah) sangat antusias mengikuti dan berkontribusi dalam acara tersebut.”
“Sangat seru sekali, menurut saya acara HSN kali ini sangat bermanfaat bagi para mahasantri Ma’had al-Jami’ah untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki. Saya pribadi sangat terkesan karena saya mendapat tugas baru yaitu menjadi figur bagi mahasantri Ma’had al-Jami’ah untuk sikap, akhlaq, dan intelektual yang insyaAlllah akan saya lakukakan dengan semaksimal mungkin.” Tambahnya.

Terakhir, harapan dari pengelola Ma’had dan mahasantri bahwa semoga HSN menjadi ajang untuk fastabiqul khoirot tanpa meninggalkan betapa indahnya persaudaraan santri dalam Islam. Dan semoga di tahun selanjutnya, semoga HSN menjadi lebih baik lagi dan membawa berkah bagi mahasantri secara khususnya dan untuk Islam dan Indonesia secara global.