Haflah Kubro Madrasah Diniyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Tulungagung – Madrasah Diniyah (MADIN) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung kembali melaksanakan agenda Haflah Akhirissanah al-Kubro ke VI yang dilaksanakan pada Senin (17/07/2023). Pelaksanaan Haflah ini dilakukan di Lapangan Timur depan Perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pelaksanaan kegiatan ini mejadi rutinitas setiap tahun serta dihadiri oleh jajaran pimpinan yang meliputi Prof. Dr. H. Abad Badruzzaman, Lc., M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Asaatidz-asaatidzah Madrasah Diniyah (Madin) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung serta 5000 mahasantri dari berbagai jenjang.
Haflah Akhirissanah al-Kubro merupakan kegiatan yang rutin dijalankan setiap tahunnya serta menjadi sebuah Agenda terpenting bagi seluruh mahasantri setelah selesai melaksanakan program Madin yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru selama 2 semester atau 1 tahun. Haflah juga dapat menjadi simbol atau pertanda berakhirnya program pembelajaran madin yang telah diikuti atau bisa juga disebut sebagai proses wisuda mahasantri Madin. Akan tetapi, tidak hanya berhenti sampai disitu, program Madin tidak hanya diberlakukan kepada mahasiswa baru, mahasiswa semester lanjut juga tetap diperbolehkan untuk ikut serta aktif dalam pelaksanaan Madin ini. Mahasiswa yang tetap ingin melanjutkan program diniyah ini tetap diperbolehkan untuk mengikuti Madin dan tidak dibatasi akan melanjutkan hingga semester berapa. Dengan syarat, pelaksanaan Madin ini tetap bersifat Wajib bagi seluruh Mahasiswa baru.
Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengungkapkan bahwa Pada Tahun Ajaran 2022/2023 ini, program Madrasah Diniyah yang diterapkan di UIN SATU Tulungagung terdapat 6 jenjang dengan jumlah 5003 santri, 126 kelas yang terbagi menjadi 69 kelas BTQ, 4 kelas Tilawah, 9 kelas Tahfidz, 28 kelas ULA, 12 kelas WUSTHO dan 4 kelas ULYA. Jumlah kelulusan mahasantri yaitu 4452, sedangkan yang tidak lulus berjumlah 551.
Dalam setiap tahunnya, program Madin berhasil menerbitkan sebuah buku antologi yang pada tahun ini telah diterbitkan dengan jumlah 38 eksemplar dengan keterangan 32 eksemplar yang telah tercetak dan 6 diantaranya sedang diproses.
Pelaksanaan Haflah Akhirissanah al-Kubro ke VI ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 dengan berbagai persiapan yang matang. Segenap Panitia turut serta dalam menyukseskan acara ini. seluruh panitia yang ikut serta dalam acara ini meliputi seluruh Musyrifah Ma’had Al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung, serta beberapa panitia diantaranya diambil dari Mahasiswa UIN SATU Tulungagung dari berbagai tingkatan semester baik semester awal maupun semester atas.
Persiapan dalam acara ini tentu dilakukan dari jauh-jauh hari, mengingat acara ini termasuk agenda terbesar Madin yang dilaksanakan setahun sekali serta menjadi simbol kelulusan bagi seluruh mahasiswa baru. Pelaksanaan Madin ini bersifat Wajib dengan perolehan sertifikat Madin yang manandakan bukti kelulusan mengikuti madin. Sertifikat ini nantinya akan menjadi pemenuhan syarat ujian komprehensif, persyaratan pengajuan beasiswa, serta penjaringan organisasi kemahasiswaan. tutur “Prof. Dr. H. Abad Badruzzaman, Lc., M.Ag.”
Penampilan yang ditampilkan dalam acara haflah diantaranya mencakup nasyid, lalaran, sholawat serta tari sufi. Sholawat yang ditampilkan yaitu berasal dari sekelompok grup mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung yang bernama “El-Khuzama”. Yang dilengkapi dengan penampilan tari sufi yang cukup elegan dan menjadikan penampilan acara haflah ini menjadi lebih menarik dan terkesan.
Di penghujung Mauidhoh Hasanah yang telah disampaikan, Prof. Dr. KH. Saiful Jazil, M. Ag. juga turut serta mengapresiasi kegiatan pembelajaran Madin yang telah berjalan lancar dari setiap tahunnya dan berhasil mencetak generasi mahasiswa yang tidak hanya berkembang dalam hal duniawi kemahasiswaan tetapi juga dapat diimbangi dengan pertumbuhan jiwa yang islami sehingga dapat membentuk spiritualitas mahasantri dalam rangka membentuk generasi Khodimul Ummah, sebagaimana yang telah terangkum dalam tema Haflah pada tahun ajaran 2022/2023 ini.