Pembukaan Dauroh Tahfidz Angkatan ke-XII

BERITA ACARA
Tulungagung- Selasa malam (13/06/2023) sekitar pukul 19.30 WIB peserta dauroh tahfidz berbusana putih dan berkerudung merah muda beserta musyrifah, dan seluruh santri berkumpul di Pondok Pesantran Bustanu Usyaqil Qur’an tepatnya asrama dua dalam rangka “Pembukaan Daurah Tahfidz angkatan XII” di malam yang insyaallah penuh barakah ini.
Agenda Daurah Tahfidz yang merupakan agenda tahunan dalam rangka mengisi liburan semester genap UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini kembali dilaksanakan selama atu bulan mendatang terhitung mulai hari ini. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasantri Ma’had putri dan dibuka untuk santriwati umum.
Meskipun dalam suasana liburan, namun tidak menyurutkan semangat para mahasantri untuk mengikuti kajian Al-Qur’an yang sudah dijadwalkan. Kurang lebih sekitar 30 mahasantri dan tamu undangan yang hadir mengikuti pada pembukaan ini, mengingat banyak mahasantri yang masih UAS dan lokasi dauroh yang cukup jauh. Meskipun peserta nya masih sedikit, semangat peserta dauroh sangat luar biasa tampak dari wajah mereka yang berbinar-binar. Kegiatan pembukaan ini langsung dilanjutkan dengan pelaksanaan kajian Al-Qur’an yang telah terjadwalkan.
“Alhamdulillah agenda Dauroh Tahfidz dapat terlaksana kembali, mungkin jika seandainya saya masih muda maka saya akan tertarik mengikuti program ini” Ujar seorang Murobbiah Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Rangkaian acara “Pembukaan Daurah Tahfidz angkatan ke XII” ini diawali dengan pembukaan dari MC oleh Ukhti Arini, Sambutan dari Ustadz Ahmad Marzuki, S.Th.I , M.Pd. selaku pengasuh pondok pesantren Bustanu Usyaqil Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dari Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yakni Ustadzah Ashima Faidati, S.H.I., M.Sy. kemudian dilanjutkan dengan do’a penutup oleh Ustadz Syahrul Muharrom M.Pd.I, kemudian dilanjutkan foto bersama dan istighotsah.
Adapun isi dari sambutan Ustadz Marzuki selaku pengasuh dan pengajar utama di Pondok Pesantren Bustanu Usyaqil Qur’an adalah mengenalkan bagaimana proses pelaksanaan program dauroh tahfidz dari tahun-tahun sebelumnya hingga sekarang ini. Dan akibat dari COVID-19 juga memberikan kesan progam ini bisa terlaksana meskipun terdapat kendala kegiatan pembukaan tetap terlaksana melalui via g-meet. Hal ini dikarenakan banyak dari peserta yang masih melaksanakan ujian akhir semester. Pesan dari Murobbi-murobbiah Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yaitu orang yang menghafal Al-Qur’an adalah orang yang dimulyakan baik di dunia dan di akhirat, beliau juga mendoakan agar anak turunnya kelak termasuk golongan huffadz yang dapat memberikan pertolongan ketika di akhirat kelak .
Semoga acara pembukaan daurah tahfidz ini membawa keberkahan bagi kita semua khususnya untuk Ma’had dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.