Penutupan Daurah Tahfidz VIII, Para Mahasantri Dituntut Untuk Tetap Murojaah

Tulungagung, Diary Ma’had IAINTA – (Ba’da Isya’ 11 Februari 2021) Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulunggung dalam sambutan di acara penutupan Daurah Tahfidz ke VIII menyampaikan wasiatnya kepada seluruh santri agar terus menjaga hafalannya, terlebih saat masa pandemi seperti sekarang ini. Karena Allah sangat mencintai hamba-hamba Nya yang mau menjaga dan melestarikan Al-Qur’an.“Untuk para santri, cintailah membaca dan menjaga hafalan Al-Qur’an. Maka Allah akan senantiasa merindukan dan mencintai kalian” tutur beliau.

Bukan tanpa sebab Dr. H. Teguh,M.Ag (Mudir ma’had) memberikan wejangan tersebut. Di era seperti sekarang ini susah sekali menjumpai seseorang yang berpegang teguh terhadap Al-Qur’an, terlebih golongan muda. Mayoritas anak-anak muda sekarang hanya mementingkan ego-nya untuk melampiaskan hasrat keduniawian sehingga membawa banyak kemudharatan bagi diri mereka sendiri seperti foya-foya, nongkrong tidak jelas kesana-kemari, berleha-leha tanpa bekerja pun tak teringkari. Hal seperti ini sangat dikhawatirkan memberi efek yang buruk bagi yang lain, Mahasantri tahfidz misalnya. Oleh karena itu, dalam sambutannya beliau menekankan kepada para Mahasantri untuk istiqomah bermurojaah dan menghindari segala macam pergaulan yang dapat berpengaruh buruk terhadap hafalan mereka.

Quotes yang terucap dan paling membekas di hati para santri dari beliau adalah “Jangan sampai tulisan di WA kita lebih banyak, daripada tulisan Al-quran yang kita baca”. Ucap Salma (salah seorang musyrifah yang hadir dalam penutupan dauroh tahfidz tersebut).

“jangan lupa jaga jarak, dan kurangi jagongan”

Senada dengan Pak Mudir, Ustadz Ahmad Marzuki, S.Th.I.,M.Pd.I selaku koordinator bidang JQH juga mengatakan bahwa para Mahsantri harus mengurangi perkumpulna-perkumpulan yang kurang berfaedah dan fokuslah untuk bermurojaah.

Serta tak lupa dipenghujung acara, beliau berdo’a semoga Dauroh Tahfidz yang ke IX nanti bisa dilaksanakan Luring(luar jaringan). Tentu tidak hanya beliau saja, pun kita semua juga berharap demikian dan semoga Allah SWT mengijabahi.

Aamin ya Muibassailin..