Arah Kebijakan Pembelajaran Madin Pusat Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19

Kamis |16 Juli 2020

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia telah memaksa perubahan besar di berbagai bidang kehidupan umat manusia, mulai dari Kesehatan, perdagangan, industry, pariwisata, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Pusat Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung yang sukses dengan program Madin baik reguler maupun mukim, tetap berkomitmen menjaga keberlangsungan Kegiatan Belajar Mengajar Madin berjalan dengan baik meskipun di tengah pandemi ini dengan mengoptimalkan sarana teknologi berbasis online.

Berdasarkan rapat bersama antara Mudir dengan segenap Murobbi/ah serta diikuti oleh perwakilan musrifah yang digelar pada hari ini [Kamis/ 16 Juli 2020] secara daring, telah berhasil merumuskan beberapa kebijakan diantaranya terkait pelaksanaan pembelajaran MADIN yang akan tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema pembelajaran berbasis online. Kemudian untuk kegiatan Ma’had Mukim di masa pendemi ini juga tetap berjalan dalam bentuk bingkaian Kajian Turots yang dilaksanakan 2-3 kali dalam seminggu secara online.

Sedangkan pembahsan selanjutnya mengenai rekrutmen mahasantri Ma’had akan dilaksanakan setelah selesainya SPMB dari 3 jalur SPAN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri. Terakhir mengenai rekrutmen musyrifah tetap dilakukan dengan konsep dan skema yang sudah dikoordinasikan dengan baik antara pengelola Ma’had.

Dengan adanya proses pembelajaran secara daring tersebut, Mudir Ma’had KH. Dr. Teguh M.Ag optimis bahwa kegiatan Pusat Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung akan tetap berjalan dengan baik meskipun ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia sekarang ini. [humas]