Dauroh Tahfidz Angkatan ke-VI

Assalamu’alaikum sobat jannah Mahad al-Jami’ah IAIN Tulungagung 🙂

Kembali lagi dengan mimin blogspot, lama tak jumpa dengan antum semua..

Mahad Bustanu ‘Usyaqil Qur’an (MBUQ) yang diasuh oleh Ustadz Ahmad Marzuki, S.Th.I., M.Pd.I. beliau juga merupakan salah satu Murobi Mahad al-Jami’ah IAIN Tulungagung. MBUQ kembali mengadakan agenda rutin setiap libur semester, yang diikuti oleh segenap mahasiswa putri IAIN Tulungagung, agenda tersebut juga merupakan program semester di bagian JQH (Jam’iyyatul Qura’ wa Huffadz) mahad al-Jami’ah.

Selasa, 25 Juni 2019 dauroh Tahfidz angkatan ke-VI resmi dibuka dengan pembacaan istighosah bersama yang dilaksanakan di masjid Baitul Muhajirin (Kaliwungu_Ngunut) dilanjut pengarahan dari ustadz Marzuki.

IMG-20190626-WA0017

Tepat tiga minggu setelah itu (17/07), ada kunjungan dari Mudirul Mahad, Ustadz Teguh bersama keluarga untuk menjenguk para santri MBUQ. Kedatangan beliau merupakan salah satu bukti bahwa beliau sangat berpihak dengan golongan orang-orang yang senantiasa Talil Qur’an (orang yang selalu membaca Al-Qur’an). Beliau hadir di tengah-tengah kegiatan sorogan al-Qur’an, sekitar pukul 11.30 WIB.

Segenap keluarga MBUQ sangat bahagia menyambut kehadiran beliau, kegiatan sorogan dialihkan ke acara seremoni penyambutan mudir mahad, yang langsung dipandu oleh ustadz Marzuki. Sebelumnya, ustadz Marzuki selaku ahlul bait, menyampaikan beribu terimaksih atas kehadiran mudirul mahad.

Harapan beliau, semoga dengan hadirnya ustadz Teguh menambah semangat para santri untuk mengaji dan terus mengaji. Sambutan dialihkan ke ustadz Teguh. Beliau menyampaikan sambutan lumayan lama. Dan antusias para santri begitu luarbiasa, sehingga tak terasa perjumpaan dengan ustadz Teguh terasa begitu singkatnya.

20190721_003700

Sekilas kisah motivasi, yang disampaikan Ustadz Teguh:

Suatu ketika imam hambali, bertanya kepada Allah
Imam Hambali: “Bagaimana cara aku bisa dekat denganMu (Allah)?
Allah: “bi Qira’atil Qur’an”
Imam Hambali: “bi fahmin au bi ghoiru fahmin (harus dengan pemahaman atau boleh tanpa pemahaman)?”
Allah: “bifahmin au bi ghoiru fahmin”

Inti dari percakapan Allah dengan Imam Hambali adalah apabila kita ingin mendekat kepada Allah caranya dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Dan kita tidak diharuskan faham isinya dahulu, baru membaca al-Quran. Akan tetapi kita dianjurkan untuk membaca al-Quran meskipun kita awalnya tidak memahami isinya.

Lambat laun Allah akan berikan pemahaman kepada hambaNya yang istiqomah membaca al-Qur’an. “Untuk itu, semangat terus membaca dan mengahafalkannya, al-Qur’an itu sejatinya ialah yang ada di dalam hati kita masing-masing”, pesan untuk para santri mahad Bustanu ‘Usyaqil Qur’an.

Semoga para santri menjadi generasi yang dirindukan syurga dan dirindukan al-Qur’an. 😉

Harapan penulis untuk para santri semoga selalu diberikan keistiqomahan dan suatu saat mampu menyelesaikan hafalannya. Pendidikan di perguruan tinggi jalan, ngajinya pun juga jalan. InsyaAllah

Salam Pejuang Al-Qur’an!
Salam Dauroh Tahfidz ke-VI: “bil hammasah wal mumtazah Allahu Akbar”

Tanggal 24 Juli 2019 merupakan hari terkhir kegiatan tersebut, saya ucapkan “SAMPAI JUMPA PADA DAUROH TAHFIDZ ANGKATAN KE-VII”. semoga Allah senantiasa memberikan kita kesempatan untuk bersua kembali. Amiin Ya Robbal ‘Alamin

20190721_003700
Kuliah iku perlu, tapi ngaji iku fardhu

Sekian terimaksih, ada salah kata saya mohon maaf

Semoga bermanfaat :).

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Follow IG my patner:
mahad_iainta
mbuq_ngunut

By: Ukhty Niha 🙂