Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Metode an-Nahdliyah

Tulungagung- Rabu, 25 Juli 2023
Alhamdulillah di awal masa khidmah musyrifah periode 2023/2024, Ma’had Al Jamiah UIN Sayyid Ali Rahmtullah Tulungagung untuk pertama kalinya mengadakan Pelatihan Pembelajaran Al Qur’an Metode An-Nahdliyah dengan narasumber dari salah satu mitra ma’had yaitu LP Ma’arif Tulungagung. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Gedung Pascasarjana Lantai 4 UIN SATU Tulungagung. Kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh pihak ma’had mengingat metode An-Nahdliyah merupakan metode yang digunakan mahasantri BTQ di Madin UIN SATU. Dengan demikian pelatihan ini sangat dibutuhkan bagi musyrifah sebagai pendidik di kegiatan ma’had mukim. Sehingga peserta pada kegiatan ini adalah seluruh Musyrifah Ma’had Al Jami’ah UIN SATU.
Selasa pagi (25/07/2023) sekitar pukul 08.00 seluruh musyrifah bersama tamu undangan (Murobbi dan Murobbiah) berbondong-bondong menuju Gedung Pascasarjana. Narasumber dari LP Ma’arif di hari pertama ini adalah Ustadzah Yuliani Musyarofah, M.Pd. yang menyampaikan materi terkait Baca Tulis Al Qur’an menggunakan metode An nahdliyah. Sebelumnya di awali dengan pembukaan dari Master of Ceremony kemudian pembacaan ayat suci Al Qur’an, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu , kemudian sambutan dari Ustadz Dr. Mohamad Fatoni, M.Pd. perwakilan dari bapak Mudir yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak LP Ma’arif yang telah berkenan memberikan Pelatihan Pembelajaran Al Qur’an Metode An Nahdliyah di Ma’had Al Jami’ah UIN SATU Tulungagung.
“Tujuan dari kegiatan ini yang pertama adalah standarisasi pembelajaran al qur’an , yang kedua adalah penyamaan metode pembelajaran al qur’an di Ma’had Al Jami’ah. Semoga kita semua menjadi ahli qur’an dan insyaallah jika kita dekat dengan al qur’an maka pasti mendapat keberkahan di dunia maupun di akhirat.” Ungkapan Ustadz Fatoni dalam sambutannya. Pukul 09.05 acara pelatihan an nahdliyah ini resmi dibuka, hadir di dalam acara ini di antaranya adalah: Ustadz Rohmat, Ustadzah Tika, Ustadzah Alfa dan Ustadz Nasichin.
Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ustadzah Yuliani Musyarofah, M.Pd. selaku pemateri inti pada kegiatan ini. Penyampaian materi dimulai dari pengenalan metode pembelajaran yang digunakan dalam metode annahdliyah dilanjutkan dengan pengenalan jilid beserta cara mengajarnya. Ciri khas dari metode ini adalah ketukan. Dan beliau juga menyampaikan apa yang dilakukan atau adab santri dalam metode An nahdliyah.
Rabu pagi (26/07/2023) sekitar pukul 08.00 , kegiatan pembelajaran Al Qur’an metode Annahdliyah dilaksanakan kembali di tempat yang sama. Narasumber hari kedua ini adalah Ustadzah Zumrotus Solihah, M. Ag. yang mengajarkan materi Pembelajaran Sorogan Al-Qur’an. Diawali dengan murojaah surat-surat pendek kemudian dilanjutkan dengan Tahsin Juz ‘Amma. Pukul 11.00 sampai selesai digunakan untuk menyampaikan materi tentang Ghoroib. Tidak lupa di akhir acara terdapat sesi foto bersama.
Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala. Ucapan terimakasih disampaikan kepada pihak LP Ma’arif yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Pelatihan Pembelajaran Al Qur’an Metode An nahdliyah di Ma’had Al Jama’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.