TA’ARUF MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Untuk lebih mengenal Ma’had al-Jami’ah Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, para mahasantri baru yang bermukim di ma’had, penerima beasiswa KIP putri, hadir dalam acara Taaruf Mahasatri Ma’had al-Jami’ah Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada Rabu, 9 Oktober 2024 di Auditorium Arief Mustaqim lantai 6. Kegiatan ini merupakan ajang pengenalan Ma’had al – Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung kepada mahasantri baru yang dilaksanakan oleh Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sesuai namanya, kegiatan ini berisikan pengenalan Ma’had al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mulai dari jajaran civitas academica hingga kegiatan-kegiatan harian di dalamnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag selaku wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan dan kerjasama, dalam sambutan nya beliau memberi wejangan kepada mahasantri “pepatah jawa mengatakan, ada 3 hal untuk meraih kesuksesan yaitu ngerti, sekti, berbudi”. dalam hal ini ngerti ialah supaya mengerti kita perlu belajar, kemudian sekti yaitu berupa berdoa untuk orang tua, para guru, atau dengan istilah tirakat. Selanjutnya yaitu berbudi artinya kita harus memiliki perilaku maupun perkataan yang baik.

Mengingat akan penting nya niat agar mendapatkan keberkahan ilmu, mudir Ma’had al Jami’ah, Dr. KH. Zuhri S.Ag. M.Si, yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Muhammad Fatoni M.Pd.I selaku wakil direktur bidang akademik menyampaikan pesan kepada para mahasantri “ketahuilah para mahasantri sekalian, kalian adalah mahasiswa terpilih yang diberi kesempatan untuk tinggal di ma’had al-Jami’ah. Oleh karena itu kalian harus betul-betul mensyukuri dengan belajar dengan sunggu-sungguh”.

Untuk menutup keseruan acara taaruf ini diadakan talkshow bersama ustadzah Salma Azizah Wifaqi, S. Pd. yang merupakan ketua musyrifah yang menjabat pada tahun 2022/2023 dengan di pandu oleh Ukhty Nia sebagai moderator. Talkshow dengan mengusung tema “Penting nya Sikap Moderat dalam Membentuk Ukhuwah bagi Mahasantri Ma’had al-Jami’ah” secara interaktif mengajak para mahasantri untuk sadar akan betapa penting nya sikap moderat untuk membangun ukhuwuh antar sesama teman dalam lingkungan sosial yang lebih luas khususnya di lingkungan ma’had al-Jami’ah.