SABET JUARA HARAPAN 1 MUSABAQAH PIDATO BAHASA INGGRIS DALAM MUSYAWARAH NASIONAL MUDIR MA’HAD DAN MUSABAQAH ILMIAH MA’HAD PTKIN SE-INDONESIA KE-XI 2024

Cirebon, Jawa Barat – Musyawarah Nasional Mudir Ma’had dan Musabaqah Ilmiah Ma’had PTKIN se-Indonesia ke-XI 2024 dilaksanakan pada tanggal 7-9 Agustus 2024 di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat. Musyawarah ini dihadiri oleh 150 peserta dari seluruh ma’had PTKIN se-Indonesia. Tujuannya dalah untuk sosialisasi dan penguatan moderasi beragama di lingkungan PTKIN se-Indonesia, serta meningkatkan kurikulum Ma’had al-Jami’ah seluruh PTKIN se-Indonesia. Musyawarah dilaksanakan dengan ccara diskusi dan presentasi dari narasumber ahli. Hasil musyawarah akan digunakan sebagai acuan untuk kebijakan pendidikan nasional dan akan disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk implementasi kebijakan pendidikan nasional.

Tidak hanya musyawarah saja, dalam acara ini juga terdapat beberapa cabang musabaqah ilmiah antara lain, Musabaqah Pidato Bahasa Arab, Musabaqah Pidato Bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), Musabaqah Tahfidz dan Tartil Qur’an (MTTQ). Dalam ajang yang sangat kompetitif ini, delegasi di Ma’had al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Wardatuzzulfa, salah satu mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung, berhasil menyabet juara harapan 1 dalam cabang Musabaqah Pidato Bahasa Inggris.

Wardatuzzulfa sendiri mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang diraihnya. “Saya tidak menyangka bisa meraih juara harapan 1. Ini semua berkat dukungan dari murobbi/ah, musyrifah, keluarga, serta teman-teman,” ujranya.

Prestasi yang diraih oleh delegasi Ma’had al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung ini diharapkan dapat menginspirasi mahasantri-mahasantri lainnya untuk terus mengembangkan potensi diri. Selain itu, prestasi ini juga semakin memperkuat posisi UIN SATU Tulungagung sebagai salah satu perguruan tinggi Islam yang unggul di Indonesia.